KERNEL PANIC !!!




Assalamualaikum gaes . . .

    Lama nggak posting nih gaes. Sedikit cerita nih kalian pernah ngalamin kejadian seperti saya di bawah ini ? Yup, saya baru aja ngalamin pagi ini nih gaes pagi buta sekitar jam 1.30 saya mau buka laptop saya dan ternyata BOOM !!! Laptop saya terdapat tulisan KERNEL PANIC !!! mungkin sebagian bingung termasuk saya. Pas saya lagi ngoprek malem tiba-tiba mati terus ada tulisan kaya di bawah dan nggak mau masuk booting.

                                      

     Namun nggak afdhol rasanya kalo udah pake Open Source tapi didiemin aja ya kan . . . OK jadi pertama yang saya lakukan itu mencoba menggunakan tombol kematian secara paksa dan ternyata saya coba boot ke HDD saya ternyata tetap error, saya coba ketikkan perintah di jendela kernel ternyata tidak bisa juga.

      Akhirnya saya coba konsul sama mbah google ternyata saya akhirnya dapat pencerahan juga tentang masalah yang saya alami ini. ternyata masalahnya adalah harddisk saya tidak mau masuk boot. Ternyata memang benar saat tiap saya ubah boot primarynya ke HDD saya tiap saya save saya cek lagi ternyata tidak bisa.

       Saat saya dapat pencerahan dan saya baca" sebentar ternyata ini dia caranya :
  • Yang pertama kali dibutuhkan sebenarnya adalah bootable ISO open source (jika belum bisa kalian bisa membaca di sini)
  • Lalu yang kedua, kalian ubah settingan boot kalian ke bootable kalian CD/Flaskdisk, save and exit
  • Maka tampilan selanjutnya kalian akan masuk ke live CD
  • Buka terminal lalu ketikkan [sudo su]
  • Lalu ketikkan jimat untuk penyelesaiannya [fsck -p /etc/fstab/ /dev/sdaX], lalu enter
NB: Untuk sdaX kalian ubah dengan di mana file sda yang di dalamnya menyimpan filesystem boot. Jadi kalian bisa ubah dengan mengeceknya terlebih dahulu di gparted atau software lain.
  • Jika sudah selesai maka kalian bisa matikan PC dan keluarkan CD, lalu ubah settingan boot kembali ke HDD kalian, save and exit
  • Selamat desktop kalian sudah kembali seperti semula


Kasih saran dan kritik kalian di kolom komentar di bawah ya . . .
Kita diskusi bareng di kolom komentar . . .